Membuat Tombol di Flash

Membuat Tombol di Flash
Untuk sofwer Flash secara defauld sudah memiliki atau menyediakan tombol yang bisa anda gunakan , dan Flasher juga bisa memilih yang menarik menurut flasher. Tetapi jika flasher lebih memilih membuat sendiri desain tombol sendiri dan membuat tombol sesuai dengan selera flasher silahkan saja toh tidak ada batasan atau larangan dalam membuat tombol.

Di blog ini akan membahas cara menggunakan button default dari flash dan button buatan sendiri. pada dasarnya button atau tombol adalah saran atau tempat untuk meletakan syntax atau ActionScript sebagai perintah.

1.Menggunakan Tombol Default

Caranya adalah Klik panel Windows > common libraries > Button maka akan muncul box Lybrary-Butoon yang menyediakan 277 macam tombol.
setelah Flasher memilih tombol yang cocok Draglah tombol tersebut kedalam stage untuk menggunakannya.

2.Menggunakan tombol buatan Sendiri

Caranya Buatlah sebuah tombol dengan menggunakan sofwer grafis seperti Photoshop,Firework ataupun sofwer grafis lainnya. jika sudah membuat tombol, Flasher imfort to library tombol yang telah dibuat,maka tombol tersebut sudah tersimpan di lybrary.

setelah itu draglah gambar tombol tersebut kedalam stage.sekarang tinggal menjadikan gambar tombol tersebut menjadi tombol yang nantinya akan dimasukan ActionScript.

Caranya yaitu ::

Klik kanan gambar tombol tersebut > Convert to symbol > dan pilih tombol.
dan jangan lupa kasih nama tombol tersebut misalkan dengan nama Tombol 1.
Silahkan anda coba.

Komentar

Unknown mengatakan…
mana action scriptnya gan??

Postingan populer dari blog ini

Motion Tween dan Shape Tween

Mengenal Symbol dalam Animasi Flash

Membuat Bayangan Di Dalam Text