Action Script In Flash 8

Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai ActionScript, terlebih dahulu kita harus mengetahui arti dari ActionScript tersebut. ActionScript adalah bahasa pemograman yang digunakan didalam program flash yang berfungsi untuk memberikan perintah didalam animasi flash.

Untuk memahami ActionScript tidaklah susah seperti memahami bahasa pemograman lainnya, dengan memahami prinsip penggunaan ActionSript yang biasa digunakan,maka kita sudah dapat memmanfaatkan nya untuk berbagai keperluan.

untuk membuka panel ActionScript atau ingin memasukan Script caranya dengan mengklik Window > Action atau juga bisa dengan menekan tombol F9 pada keyword.

lihat gambar dibawah tampilan ActionScript pada Flash 8.



Jumlah ActionScript yang terdapat pada flash sangatlah banyak, tapi kita tidak wajib untuk menghafalnya tetapi minimal kita mengetahui Atau memahami fungsi ActionScript tersebut. Selanjutnya kita akan membahas jenis - jenis ActionScript.

Jenis ActionScript dalam flash dibagi menjadi 3 berdasarkan letak Script.

1. ActionScript pada frame

ActionScript pada frame adalah Actionscript yang diletakan pada frame, atau juga sering disebut FrameScript. FrameScript ini hanya bisa dilakukan pada keyframe atau blankkeyframe.untuk melihat frame yang telah diberikan script terdapat tanda berupahurup 'a' kecil yang menandakan keberadaan sebuah Script.


2. ActionScript pada MovieClip

ActionScript yang diletakan pada MovieClip sering disebut MovieScript. yang harus diingat adalah untuk membuat movieScript tentunya harus ada MovieClip tempat kita meletakan ActionScript tersebut. MovieClip memiliki bahasa (syntax) sebagai berikut.

onClipEvent (event) {
perintah
}

Arti syntax movieScript diatas adalah :
  • Kata 'onClipEvent' menunjukan bahwa perintah ini ditujukan untuk MovieCliptempat diletakannya Script.
  • kata 'event' menunjukan event yang terjadi pada movieClip tersebut.sebenarnya Event di MovieClip ada 9 diantaranya :load, enterFrame, unload, Mouse up, Mouse Down,Key down, Key up, dan data.Namun diantara semua itu yang sering digunakan yaitu load dan enter Frame.
  • Kata 'perintah' menunjukan perintah yang dapat diberikan pada MovieClip.

3. ActionScript pada Button

Hal yang perlu diingat yaitu ActionScript pada button tentunya harus ada Button tempat meletakanActionScript tersebut.Secara umum syntax yang digunakan dalam penulisan ActionScript pada Button hampir sama dengan penulisan MovieScript.Perhatikan syntax berikut ini ;

on (event) {
perintah
}

Arti syntax movieScript diatas adalah :
  • Kata 'on' menunjukan bahwa perintah ini ditujukan untuk MovieClip tempat diletakannya scriptdan ini merupakan syarat utama untuk Script yang digunakan pada Button.
  • Kata 'event' menunjukan event yang terjadi pada Button tersebut. ada 7 event yang terdapat pada buttonyaitu press, release, rollOver, rollOut, dragOver, dragOut, dan keypress. Meski demikian hanya dua event yang sering digunakan yaitu press dan release.

Komentar

Anonim mengatakan…
gan, ajarin tentang class, array sih gan.... dengan bahasa yang gampang di terima

tq
Anonim mengatakan…
salam...
q mo nanya, action scriptnya buat naruh gambar(objek) ditengah pake button tu apa ya ??? thanks...
Topx mengatakan…
Gan,kLo ngedit truz nyisipn actionscript flashgame pke greasemOnkey kira" bsa bRjalan gak gan??

Please,Email to me gan:

running11scared@gmail.com


Lonely-djaques.blogspot.com
Chugy mengatakan…
Topx :: Kalau menyisipkan actionscript dari pihak kedua saya belum mencoba....!!!
Unknown mengatakan…
oke bang d tmbah kg bang
Unknown mengatakan…
flash dapat mengerti bahasa indonesia pada saat menulis script action (AS)nya sob,tolong dibantu sob.

Postingan populer dari blog ini

Motion Tween dan Shape Tween

Mengenal Symbol dalam Animasi Flash

Membuat Bayangan Di Dalam Text