Sejarah dan Perkembangan Pop Art

Bagi pecinta dunia desain grafis tentu tidak asing lagi dengan Desain Pop Art. Desain yang lahir di tahun 1950-an ini masih di gandrungi para pecinta desain grafis sekarang ini. Banyak acara live music di televisi sekarang ini menggunakan sentuhan Pop art untuk Aksesoris atau dekorasi panggung ataupun yang lainnya.

Pop art merupakan seni grafis yang menggabungkan foto serta permainan warna yang berani terkadang di sertai dengan penggunaan simbol simbol sebagai ciri khas dari si pembuat. Desain pop art juga terkenal dengan penggunaan teks berukuran besar dengan stroke atau outline yang tebal.


Pop art sendiri lahir di Inggris dan juga Amerika pada tahun 1950-an yang di populerkan oleh Lawrence Alloway seorang Kurator sekaligus kritikus dari Inggris. Nama pop art itu sendiri berasal dari kata Popular Mas Cultur namun orang lebih mengenalnya dengan sebutan Pop Art.

Pada awalnya , Pop art merupakan bentuk reaksi dari perkembangan seni Abstrak atau Expresionisme pada saat itu. Dengan mengambil ciri khas desain iklan dan komik.
Salah satu bentuk awal desain Pop art adalah karya dari Richard Hamilton, Jhon Mchale dan Jhon Voelcker pada tahun 1956 yang berjudul " Just What is it that makes today's homes so different, so appealing?. Karya tersebut berupa penggabungan potongan gambar dari berbagai sumber.

Seiring dengan perkembangan jaman desain pop art tidak hanya di tuangkan dalam media cetak, sablon kaos, aksesoris motor , tapi di gunakan juga untuk mempercantik rumah, untuk bagian luar ataupun dalam. mungkin anda pernah melihat bangunan rumah dengan banyak warna yang berani, model sofa atau kursi yang unik, ini merupakan sebuah perkembangan dari dunia desain Pop art.

Untuk program yang di gunakan anda bisa menggunakan program grafis seprti Corel Draw , Photoshop ataupun program grafis lainya. Gimana anda tertarik untuk lebih mendalami atau mempelajari desain pop art ini ? Silahkan anda cari referensi di internet ataupun majalah majalah desain grafis.

7 Comment

stroke nya pop art emang unik!
Tracenya mencolok bget.
Tp kompo bner2 unik aja.
Reply Delete
Info yang menarik buat kita2 yang g paham desain grafis.btw, mo tanya program, Corel Trace ada g?
Reply Delete
retro colour ^-^v
Reply Delete
tomo mengatakan... 07 Juni, 2010 19:20
Thanks kawan.
Aku kurang baik kalau melihat warna.
Kadang bingung untuk membedakan tajam dan tidaknya warna
Reply Delete
Uswah mengatakan... 07 Juni, 2010 19:22
Berkunjung malam
Reply Delete
sepertinya saya kurang ke arah sana karena agak ribet.. :)
tapi saya sih yang sederhana dan minimalis :)
Reply Delete
Pop art emang keren... selalu mengejutkan dan saya sih nyaman banget. Tapi by the way bus way... saya lebih suka Pop Sunda, kumaha yeuh lur... hahhaa... salam kenal...
Reply Delete

Poskan Komentar

Cancel Reply