Sejarah Perkembangan Komputer Dari Dulu Sampai Sekarang

ibm komputerKOMPUTER perangkat yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda.Hampir semua aktivitas atau pekerjaan kita menggunkan KOMPUTER, tapi apakan anda tahu Asal mula atau sejarah terciptanya KOMPUTER itu ? pada postingan kali ini saya coba membahas Sejarah Perkembangan Komputer.

Kata Komputer berasal dari bahasa latin yaitu Computare (to compute atau to reckon) yang mempunyai arti Menghitung. Komputer bisa di artikan sebagai alat Elektronik yang di gunakan untuk mengolah berbegaia keperluan mulai dari menyimpan data,memproses data, hingga memberikan informasi untuk kita.

Sekitar 3.000 tahun yang lalu sebelum komputer tercipta, di Asia muncul sebuah alat hitung tradisional bernama Abacus atau Sempoa yang dibuat dari biji bijian yang dapat digeser geser.untuk orang Cina alat ini di gunakan untuk berhitung dalam berdagang.

  • Pada tahun 1642 Blaise Pascal menemukan Pascaline atau Kalkulator Roda Numerik.
  • Pada tahun 1821 Charles Babbage seorang profesor matematika Inggris menemukan mesin penghitung yang di beri nama Difference Engine. Mesin ini yang menjadi cikal bakal KOMPUTER dan merupakan kalkulator otomatis yang pertama kali muncul.
  • Pada tahun 1937 manusia telah berhasil menciptakan komputer elektronik yang di beri nama ABC.
  • Pada tahun 1946 Dr. Jhon Mouchly dan J. Presper Eckert berhasil merakit komputer elektronik digital dengan berat mencapai 30 ton dengan ukuran 30 x 50 kaki, dan terdiri dari 18.00 tabung vakum. ini dekenal dengan komputer generasi pertama.

Pada tahun 1971 sejalan dengan ditemukannya Chip ukuran komputer semakin kecil sampai sekarang muncul PC (Portable Computer).

PC pertama kali di buat oleh perusahaan komputer IBM Amerika Serikat pada tahun 1981. Dan perkembangannya cukup pesat hingga sekarang telah banyak beredar perusahaan yang mengeluarkan produk komputer dengan bentuk yang lebih kecil dan harga yang murah.

19 Comment

dari tahun jebot hingga hari ini aku masih pake komputer jebot juga..hahhaa...untung banyak jasa nya hingga bisa punya weblog ini..dan banyak teman...seperti anda...ckkekeke
Reply Delete
tapi tetap lah banyak bersukur..smoga bisa beli yg update....
Reply Delete
pakies mengatakan... 10 Juli, 2010 18:15
ingat pertama kali nyentuh monitor apple yang super gede di tahun 89
Reply Delete
sudah Lama pakai komputer tapi sampai sekarang masih beLum tau sejarahnya, hehehe...
terima kasih atas shareya, bermanfaat untuk membuka wawasan saya mengenai sejarah dan perkembangan komputer.

mengenai info Lowongan kerja mohon maaf beLum bisa saya informasikan karena beLum mempunyai akses dibidang tersebut, terima kasih atas sarannya. saLam sukses seLaLu.
Reply Delete
deasy mengatakan... 10 Juli, 2010 20:20
Makasih atas infonya! sangat bermanfaat...
Reply Delete
hehe kalau aku nih kang, pertama kenal komputer ya punya kantornya ayahku dulu, layar monokrom, trus pake disket kertas yang guede itu, he he he
Reply Delete
komputer adalah alat hitung yang bisa berkembang terus..itu kehidupanku sekarang di depan komputer
Reply Delete
Lyrics mengatakan... 10 Juli, 2010 21:06
Inget jaman SD pake disket... dos lage dos lage wkwkwkwk
Reply Delete
Ilmu baru, ngga nyangka barang yang setiap hari menemani aku ternyata berawal dari barang yang sangar sederhana ....
Reply Delete
yang aku tau komputer pertama gede banget....N yg terpenting ketemunya gara2 ilmu Matematika........

Sorry baru bsia berkunjung Sob....Happy blogging!!!
Reply Delete
rawins mengatakan... 12 Juli, 2010 07:33
perkembangannya di indonesia, komputer menjadi raja pasar malam. kemudian muncul versi mininya dengan nama odong-odong. halah gak nyambung...
Reply Delete
Canvas mengatakan... 12 Juli, 2010 16:27
Hahaha komentarnya asik. Baru kali ini denger kompouter odong-odong. itu mah komedi puter kali pak..?
Reply Delete
Anonim mengatakan... 23 Agustus, 2010 05:02
terimakasih!!
Reply Delete
waduh kayaknya saya kurang update ...
komputer jadul saya ini selalu menemani saya ..
kapan yah kamu berubah menjadi lebih canggih ..
hahahahaaaaa
Reply Delete
sekarang komputer semakin ringan dan ringkas
Reply Delete
QEYLA mengatakan... 21 Februari, 2013 10:47
komputer sekrg sgt canggih bgtzz,bgtzz,,,,,,,,,krn trz bljr komputer aku trz sukses
Reply Delete
Wahh.. baru tau nih... UDah lama pake komputer, tapi belum tau sejarahnya... Makasih gan share-nya..
Reply Delete
kenapa orang dulu bisa berpikir untuk membuat kalkulator ataupun komputer ? dari mana ide itu datang ?
Reply Delete
haha alhamdulillah sekarang makin canggih
Reply Delete

Poskan Komentar

Cancel Reply