Mengenal Lebih Dalam Bagian Dan Fungsi Printer

Bagian Printer Kalau postingan Printer sebelumnya membahas jenis dan merek printer, kali ini saya coba membahas bagian bagian dari printer. PRINTER benda berukuran kurang dari stengah meter ini merupakan alat yang sering kita jumpai dan kita gunakan untuk mencetak atau menampilkan data dalam bentuk cetakan.

Mungkin definisi lengkapnya seperti berikut Printer atau pencetak adalah alat yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas.

Di bawah ini ada bagian bagian printer yang mungkin belum anda ketahui.
Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu :

  • Tray ialah tempat untuk menaruh kertas.
  • Picker sebagai alat untuk mengambil kertas dari tray.
  • Tinta atau toner adalah alat pencetak yang digunakan untuk menulis atau mencetak pada kertas. Tinta dan Toner memiliki perbedaan pada sistem. Toner atau laser membutuhkan pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
  • Kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat.
  • Pada bagian belakang printer biasanya ada Port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.

Saat ini, Merk produk printer yang banyak digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi. Untuk jenisnya, printer memiliki beberapa jenis diantanya Printer Dot-Matrix, Printer InkJet dan Printer Laser.

17 Comment

Btw printer2 itu kenapa kalo direpair biayanya kok hampir sama dengan beli baru yah? Apakah sengaja dari para produsennya biar beli lagi.... hehhehe... saya punya 2 printer HP... fisik bagus... tapi udah kagak bisa dipake lagi...
Reply Delete
hi hi tambah perbendaharaan item deh...
cuma saya paling pemalas kalau ngutik2 printer,palinh yah cuman ngisi tinta itu kang, kalau yang lain2 belum saya perhatikan
Reply Delete
info yg keren sob
Reply Delete
aku dulu sering suntik tinta waktu kuliah, lama kelamaan rusak sampai pakai selang, dan sekarang berada di pojok di hinggapi laba2
Reply Delete
pernah hp salah instal drivernya terus ke internet mau donlod malah banyak wormnya..pengalaman itu sob,, aku suka HP untuk printer dari dulu sampai sekarang, soalnya bautnya kuat kalau ditarik kertas tidak cepat rusak, tapi jangan di tarik nanti patah penyangganya kan repot..heheh
Reply Delete
sudah Lama menggunakan printer tapi beLum tau nama-nama dari komponennya, paLing taunya cuma sebatas tinta atau toner aja. terima kasiha atas sharenya.
Reply Delete
kembaLI berkunjung untuk mengucapkan seLamat menyaksikan finaL piaLa dunia antara beLanda VS spanyoL.
Reply Delete
gak akrab sama printer..makanya aku gak printer2..tetep bodo..hueheuehuee...mulai isi tinta sampe ngeprint searhin ma kawan aja beres......tar lah kalo ada duit lebih beli..walau gunanya sampe kini ga tau mau buat apa..:)
Reply Delete
rawins mengatakan... 12 Juli, 2010 07:20
jaman masih suka utak atik ini, keluyurannya di fixyourownprinter.com... pernah gabung kesana..?
Reply Delete
kalo tintanya gx mau keluar gimana yah

printer chika rusak mulu nih >.<
Reply Delete
osi mengatakan... 15 Juli, 2010 09:12
terima kasih infonya...sangat bermanfaat sekali
Reply Delete
bosan banget kalau printer rusak huhhhhhhhhh....
Reply Delete
r360x mengatakan... 05 Maret, 2012 07:09
sayang gada gambarnya
Reply Delete
aku dulu sering suntik tinta waktu kuliah, lama kelamaan rusak sampai pakai selang, dan sekarang berada di pojok di hinggapi laba2
Reply Delete

Poskan Komentar

Cancel Reply