Advertise

Sejarah Dan Perkembangan Tipograpi "Typography"

Tipografi "Typography" merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

TYPOGRAPHY


Sejarah perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan pictograph. Bentuk bahasa ini antara lain dipergunakan oleh bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux. Di Mesir berkembang jenis huruf Hieratia, yang terkenal dengan nama Hieroglif pada sekitar abad 1300 SM. Bentuk tipografi ini merupakan akar dari bentuk Demotia, yang mulai ditulis dengan menggunakan pena khusus.

Puncak perkembangan tipografi, terjadi kurang lebih pada abad 8 SM di Roma saat orang Romawi mulai membentuk kekuasaannya. Karena bangsa Romawi tidak memiliki sistem tulisan sendiri, mereka mempelajari sistem tulisan Etruska yang merupakan penduduk asli Italia serta menyempurnakannya sehingga terbentuk huruf-huruf Romawi.

Saat ini tipografi mengalami perkembangan dari fase penciptaan dengan tangan hingga mengalami komputerisasi. Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan dalam waktu yang lebih cepat dengan jenis pilihan huruf yang ratusan jumlahnya.
(Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Tipografi)

8 komentar:

  1. berarti huruf yang sekarang terinspirasi dari romawi ya?

    BalasHapus
  2. hmm, masih rada bingung maksudnya..
    Apakah Typography ini sama dg Grammar gitu kalo di Bahasa Inggris?
    Hhee

    BalasHapus
  3. wew.. Headernya berubah lagi,,,
    Kyaknya ane Masih lebih keren yg gambar topi kemaren sob :D (wah, komeng g nyambung nih ama tulisan)
    *bletakkk !!!*

    BalasHapus
  4. wow.....tampilan baru ne....
    aseghh banget gan...
    lebih fresh
    tapi kok footerx agak keganggu yah ma sepatux

    BalasHapus
  5. ada juga yg model Blogger Templates . . . .

    Minimalis bgtz!!!

    BalasHapus
  6. emang romawi tuh ga di italy ya..? darimana sih itu, kirain romawi tuh roma. maap kalo oot. kurang faham sejarah...

    BalasHapus
  7. sampai sekarang aja aq masih belum paham apa itu typografi, meski ada penjelasannya

    BalasHapus
  8. Really awesome & helpful information. Thanks for sharing.... :)

    BalasHapus