Membuat teks bermunculan dari samping kiri dan kanan

MAAF FILE CONTOHNYA TIDAK BISA DI MUNCULKAN KARENA TERJADI EROR.
Langkah pertama anda buka sofwer flash di computer anda. Dan buatlah ukuran stage atau halaman yang akan di buat animasi yaitu 400x100.
Dengan cara klik property di bagian paling bawah disana ada tulisan Size 550x400. seperti gambar dibawah ini.



Kemudian akan muncul kotak document properties. dan anda ubah ukurannya seperti gambar di bawah ini.



Jika sudah buatlah tulisan atau teks dilayer baru di Frame no 1 disini saya membuat sample teks CHUGY COLECT, dengan warna teks putih.
Posisikan tulisan tersebut tepat ditengah area kerja.
Langkah selanjutnya memisahkan teks menjadi satu persatu, caranya yaitu klik kanan pada teks dan pilih Break Apart.



Dan hasilnya seperti berikut teks menjadi terpisah satu persatu



Kemudian anda klik kanan lagi pada teks yang telah di Break Apart tadi, dan klik Distribute to Layers.



Distribute to Layer ini fungsinya untuk memasukan teks yang telah dipisah ke dalam layer, anda lihat gambar di bawah ini teksnya sudah terpisah menjadi satu hurup satu hurup.



Selanjutnya anda tambahkan framenya ke frame no 5.
Untuk mempercepat penambahan frame, blok frame no5 dari atas sampai bawah, dan klik kanan diantara frame yang sudah diblok lalu klik insert key frame, dan hasilnya seperti gambar sibawah ini.



Sekarang anda rubah lagi framenya menjadi seperti gambar di bawah ini , caranya geserlah frame pada layer H dari frame 1 ke frame 5, lakukan juga untuk layer U,G,Y ,C,O,L,E,C,T seperti gambar



Selanjutnya Klik layer C frame no 1, pindahkan hurup C kesebelah kiri area kosang .lakukan juga hal yang sama dengan hurup H,U,G, sampe hurup Y. anda letakan hurup C,H,U,G,Y di sebelah kiri diluar area kerja



Selanjutny kita memindahkan hurup C,O,L,E,C,T ke area kosong sebelah kanan, caranya sama yaitu klik pada frame 25 layer C, pindahkan hurup C kesebelah kanan area kosong, begitu juga dengan hurup yang dibawahnya, lakukan seperti tahap awal.



Langkah selanjutnya kita memberikan animasi untuk memperhalus perpindahan teks tersebut. Caranya yaitu klik kanan di tengah-tengah frame, dan pilih Create motion Tween. Lakukan hal yang sama pada frame di setiap layer



Dan hasilnya seperti gambar dibawah ini, selanjutnya anda tambahkan frame sampai frame 40, caranya sama anda blok dari atas ke bawah di frame 40 klik kanan dan pilih Insert Key Frame.



Dan untuk melihat hasil animasinyanya anda tekan Ctrl+Enter. Selamat mencoba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Motion Tween dan Shape Tween

Mengenal Symbol dalam Animasi Flash

Membuat Bayangan Di Dalam Text